Unsur/Sarana Manajemen (Tools of Management)
Manajemen dapat dilaksanakan dengan baik apabila dilengkapi dengan alat-alat atau sarana (tools of management). Sarana-sarana manajemen adalah meliputi 6 M, yaitu:
(1) Men (orang)
(2) Money (uang)
(3) Materials (bahan-bahan)
(4) Methode (cara)
(5) Machines (mesin-mesin)
(6) Market (pasar)
(1) Men (orang)
Men (orang) merupakan sarana yang paling penting, dan faktor yang dominan serta menentukan. Men
adalah sarana yang istimewa karena ia dapat dikatakan sebagai subyek
dan dapat dikatakan sebagai obyek (mempunyai fungsi ganda).
Men sebagai subyek , karena dialah yang memulai suatu tindakan atau usaha (starter of action). Dia pula sebagai penggerak, motivator maupun dinamisator. Kalau diumpamakan sebagai mesin maka ia berfungsi sebagai generator dari mesin tersebut.
Men sebagai obyek, karena ia dapat diatur dan digerakkan seperti sarana lainnya. Namun kelebihannya ia mempunyai jiwa dan perasaan, sehinga perlu dihargai secara wajar sesuai dengan harkat kemanusiaannya.
(2) Money (uang)
Apabila men
(orang) yang berfungsi sebagai subyek telah mengatur dan menentukan
tujuan organisasi, maka giliran selanjutnya diperluakan uang sebagai
sarana utama mencapai tujuan. Karena dengan uang
itu dapat digunakan untuk membiayai tenaga kerja, membeli material dan
mesin serta dapat digunakan untuk membiayai penelitian cara-cara (methode) kerja.
Money dapat digunakan pula untuk membiayai pemasaran. Pokoknya uang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam mencapai tujuan. Agar uang dapat berguna secara efektif dan efisien maka perlu diatur oleh orang/bidang yang ahli yaitu finansial manajemen.
(3) Materials (bahan-bahan)
Setelah uang tersedia, maka kita harus menyediakan material sebagai sarana pokok dalam usaha produksi maupun perdagangan. Material dapat berupa bahan mentah, bahan setengah jadi maupun bahan jadi.
(4) Methode (cara)
Apabila bahan baku telah tersedia maka ia harus diolah untuk menjadi barang jadi. Dalam rangka pengolahan inilah diperlukan suatu cara tertentu yang sangat efektif dan efisien. Cara (methode)
yang digunakan dalam proses produksi harus merupakan standar sehingga
dapat digunakan oleh semua pegawai demi keseragaman kerja, mempermudah
pengawasan serta mencegah hasil produksi yang tidak memuaskan.
(5) Machines (mesin-mesin)
Mesin merupakan sarana penting dalam dunia modern. Bekerja
dengan menggunakan mesin akan sangat membantu mempercepat, memperlancar
proses penyelesaian pekerjaan, serta melipatgandakan hasil produksi. Karena
itulah mesin sangat dibutuhkan sebagai sarana yang menguntungkan usaha
produksi dan perdagangan terutama dalam menghadapi saingan usaha.
(6) Market (pasar)
Apabila barang jadi telah menumpuk, maka kewajiban selanjutnya adalah melemparkan barang tersebut ke pasar. Kegiatan
dalam bidang pemasaran merupakan kegiatan puncak, kegiatan yang
menentukan apakah hasil jerih payah kita dapat diterima oleh konsumen
atau tidak.
Tanpa
keahlian bidang pemasaran, barang hasil produksi tidak dapat dijadikan
uang, semua pagawai tidak dapat digaji, kelanjutannya terjadi pemogokan,
hambatan dan kerugian yang diderita perusahaan.
Nanda
BalasHapus